Senin, 25 Oktober 2010

Bekal Makanan Pendakian Gunung

Mendaki gunung membutuhkan energi yang prima, karena kegiatan tersebut adalah kegiatan yang tak bisa di anggap remeh. Banyak pendaki yang ketika saat di alam bebas kehabisan perbekalan makanan dan akhirnya ketika lapar melanda, lelah pun pasti hadir. Dan yang buruk, akan tersesat di rimbunnya hutan. Beresiko tinggi. Tetapi tak cukup hanya membawa banyak bekal makanan, tetapi makanan yang bermutu untuk kegiatan pendakian lah yang utama. Kebanyakan pendaki membawa mie instan sebagai bekal karena proses memasak yang cepat dan tak merepotkan juga dianggap mengenyangkan. Betulkah?

Mie instan memang ringan di jinjing dan mudah memasaknya. Tetapi sebaiknya jangan dipakai bekal untuk asupan makanan dalam pendakian. Walaupun mie instan mengandung karbohidrat, tetapi mie akan membuat perut tak padu dengan tenaga dan akan mudah lelah, dan otomatis tak membuat sehat. Juga alkohol lebih baik tak di bawa mendaki karena akan memicu pecahnya pembuluh kapiler darah dalam tubuh, karena kapiler membuat darah memuai. Pilih bahan makanan yang mengandung banyak kalori.

Kentang juga sebaiknya di bawa, karena kentang bisa menggantikan nasi dan membuat perut terisi serta menambah tenaga. Kentang bisa di rebus dahulu dari rumah. Seperti pengalaman Belantara Indonesia ketika mengantar warga negara Perancis menuju Gunung Merapi , mereka membawa bekal kentang yang di buat menjadi bentuk Kapsul! Aneh dan heran bagaimana membuatnya, bentuk kapsul yang lumayan besar untuk ukuran kapsul biasa. Tetapi menyehatkan dan bisa lama menahan lapar. Tentu tenaga pun terjaga dari kalori dalam kentang.

Lalu roti juga bisa di bawa sebagai bekal, karena daya tahan yang kuat dan awet, andai ditempat dingin pun roti hanya mulai keras bekum tetapi tetap tak menghilangka rasa. Pilihlah roti yang tak hanya enak tapi juga bergizi, banyak tentunya tersedia di toko - toko roti di daerah anda semua.Juga daging di kaleng atau kornet, yang terlebih dahulu di masak di rumah. Bisa juga sarden atau sosis. Bisa dengan makanan lain sebagai pelengkap, seperti kacang, snack agar tak jenuh dalam perjalanan.

Kemudian yang penting adalah bekal air minum, biasanya air putih dalam botol atau bisa juga membawa bekal teh celup yang nanti bisa di panaskan selama pendakian. Usahakan air putih yang cukup agar bisa di minum setiap merasa haus. Bisa di tambah membawa bahan minuman berenergi yang banyak juga di jual di toko - toko dan bengkel..halah...Dan jangan minuman ber alkohol ya sahabat....

Buah - buahan juga di sarankan untuk di bawa asal jangan mengambil buah tetangga. Membuat badan segar dan menambah vitamin C yang di butuhkan tubuh.

Bijaklah dalam mengatur bekal makanan, agar pendakian sahabat semua lancar dan menyenangkan tentunya. Bekal makanan pendakian gunung juga di bawa menggunakan backpacker yang bisa memuat banyak dan tak memberatkan dan merepotkan. Selamat mendaki sahabat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar